Sebuah Kisah Kasih Gelap, Pada Sebuah Kapal

05Oct09

Tulisan karya NH DINI – “Pada Sebuah Kapal” bisa disamakan dengan beberapa cerita dalam kisah hidup NH DINI. Walaupun tokoh-tokoh di novel tulisan Dini, disamarkan dengan nama-nama yang berbeda dari nama asli mereka, peristiwa dan kejadian yang ada pada novel tersebut ada banyak persamaan dengan kisah hidup NH DINI. Dari membaca biografi sang penulis tersebut dan membaca novelnya yaitu “Pada Sebuah Kapal”sang pembaca akan lebih mengerti tentang alur cerita karya tulisan Dini.

Novel NH DINI – “Pada Sebuah Kapal”, adalah sebuah novel yang menarik dikarenakan oleh gaya tulis NH DINI, dan alur cerita yang dimiliki oleh novel tersebut. Di novel tersebut, tokoh utama yaitu Sri, menceritakan kisah hidupnya sewaktu dia masih umur kurang lebih 13 tahun, dan dia menderita dari sakit hati oleh tiadanya sang ayah di hidup sang tokoh utama. Sri, melanjutkan kisah hidupnya dengan menjadi seseorang penari, dan mencita-citakan menjadi seseorang pramugari.

Dengan cita-cita di tangannya Sri, dia melanjutkan kisah hidupnya, dan mengejar kesempatan untuk menjadi seseorag pramugari, namun sewaktu dia menjalankan tes-tes untuk menjadi seorang pramugari dia ketemu sebuah teman lama; tetapi walaupun ia menemukan sebuah teman lama, Sri tak lolos pada tes-tes pramugari, dan ia dikirim kepada sebuah rumah sakit untuk menjalankan perawatan khusus dengan angin segar untuk menyembuhkan penyakit yang ia alami dalam paru-parunya. Hanya dengan waktu 3 bulan, Sri telah menjalankan perawatannya dan ia sembuh, hingga dia bisa bergambung dengan pramugari-pramugari yang lain.

Setelah menjalankan perawatan khusus, Sri balik kepada kota dan ia akhirnya ketemu dengan kekasih hatinya, yaitu Sutopo. Tetapi tak lama lagi, Sutopo meninggal dunia dikarenakan oleh kecelekaan yang ia alami sewaktu lagi terbang. Dengan hancurnya hati, Sri tetap menjalankan kisah hidupnya hingga dia ketemu dan akhirnya menikah dengan seseorang Bangsawan Perancis yang bernama Charles.

Setelah menjalankan pernikahannya dengan Charles, Sri mengikuti sang suami tercinta ke Negeri Jepang. Walaupun Sri tak mengalami pernikahan yang tak begitu manis, ia tetap berkuat hati dan sabar hingga ia masih bisa mempertahankan pernikahannya dengan Charles. Tetapi tak lama lagi “pada sebuah kapal,” Sri bertemu dengan Michel yang sama dengan dirinya, telah memilikki seseorang di dalam lubuk hati mereka, mereka tetap menjalankan mengasih kasih “gelap” mereka. Pada Bagian 2, cerita di dalam novel tersebut, berbolak-balik menceritakan dan membandingkan perasaan yang Sri merasa pada waktu ia masih memiliki Sutopo.

Dengan alur cerita tersebut, tokoh-tokoh seperti Sri, Charles, Sutopo, Michel, dll memeriahkan novel tersebut dengan berbagai cara, seperti memberi kisah cinta gelap, sebuah kisah cinta bertekuk sebelah tangan, dan beberapa titik-titik didalam alur cerita yang membuat sang pembaca merasa sedih, dan mengasih simpati kepada sang tokoh utama, Sri.

Beberapa pokok persoalan yang diberi pada kisah novel karya NH DINI – “Pada Sebuah Kapal” menceritakan bahwa kisah cinta yang dimiliki oleh sebuah pasangan tak akan lelap begitu saja, maupun cinta sejati ataupun cinta “gelap”. Walaupun cinta yang diceritakan oleh Pada Sebuah Kapal ada 2 contoh, yaitu cinta sejati dan cinta gelap, tema tersebut menjelaskan keajaiban dan kejayaan yang dimiliki oleh kata tersebut, “CINTA”.

Dengan alur cerita, pokok persoalan, dan adanya tokoh-tokoh dengan sifat-sifat berbeda, kita sebagai sang pembaca, merasa bahwa cerita yang disampaikan oleh sang penulis sangat asyik, dan bisa dibilang bahwa beberapa kisah dalam cerita tersebut bisa diaplikasikan kepada hidupnya sendiri. Ulasan dan kesan-kesan saya tentang kisah tersebut adalah bahwa kisah yang disampaikan oleh tulisan karya NH DINI – “Pada Sebuah Kapal”; bisa dibilang bahwa cerita tersebut adalah sebuah karya yang sangat bagus dalam hal-hal literatur dan buat bacaan ringan. Tetapi dengan semua ini, kisah yang diberi oleh DINI, menjelaskan sebuah pokok persoalan (tema), yang sangat kuat, yaitu “Cinta akan selalu berjaya”.



No Responses Yet to “Sebuah Kisah Kasih Gelap, Pada Sebuah Kapal”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: